Open top menu
Sabtu, 24 Oktober 2020


Paparan Ust. Budi Ashari

Dalam QS. Al Hasyr telah tercantum kunci kemenangan muslim untuk melawan zionis Israel. Kaum muslimin disebut sebagai ulil abshar (yakni orang-orang yg memiliki pandangan) di awal surat Al Hasyr ini. Fitnah kecerdasan berarti ilmu yang diperoleh tidak menunjukkan jalan. Sedangkan bashiroh yakni ilmu yang melekat pada diri ulil abshar itu kebalikannya, yaitu ilmu yang menunjukkan jalan. Pada ayat 13-14 dalam surat tersebut dinyatakan orang-orang Yahudi adalah orang yang tidak berakal. Otak yang cerdas tidak menjamin sukses urusan dunia apalagi akhirat. Dalam hal ini Al Qur'an punya cara sendiri untuk menganalisa kecerdasan dan telah terbukti membawa sejarah keemasan serta membawa kemakmuran di bumi ini. Sebaliknya kecerdasan sebagaimana parameter hari ini sejatinya membuat bumi dalam ancaman.

Ibnu Batuttah pernah melakukan perjalanan ke bumi nusantara dan terkesima olehnya. Beliau pernah menuliskan pemikirannya tentang Aceh tempat ia singgah, sebagai berikut: "Bacalah kemakmurannya, bacalah alamnya, bacalah keimanannya, dll.." Hal ini sepertinya sangat jauh berbeda dengan kondisi Aceh saat ini. Ulama kita Ibnu Jauziy pernah menuliskan 400 buah kitab yang menunjukkan kecerdasan beliau yang luar biasa. Diantara yang dituliskan berjudul Buku/Kitab Orang-orang Cerdas. Dari sini kita sebetulnya sudah punya panduan kitab kecerdasan. Teori kecerdasan telah dituliskan oleh Ibnu Jauziy dalam kitab ini, beserta contoh-contoh bagaimana kecerdasan umumnya para nabi, kecerdasan khusus Nabi Muhammad saw, para sahabat, kecerdasan 'umara, dll sampai dengan kecerdasan binatang pun dibahas dalam kitab ini. Umat ini belum bisa mengalahkan Yahudi sebelum menjadi ulil abshar.

Lalu apa beda yafqohun (tidak faqih/mengerti) dan ya'qilun (tidak mengerti) yang seringkali disebutkan di dalam Al Qur'an? Al Fiqhu artinya pemahaman yang dalam, kitab fiqih adalah kitab yang dalam pembahasannya. Jadi ilmu Islam akarnya adalah fiqih. Mau cerdas pelajarilah fiqih. Fiqh cara membacanya ada 3: faqoha, faqiha, faquha dengan arti yang berbeda. 
Hadits nabi tentang org yang berhijrah: org terbaik diantara kalian adalah org yg berhijrah yaitu org yg faquha (dlm pemahamannya). Dhommah: sesuatu yg sudah mendarah daging, menempel. 'Aqlun, 'aaqil: akal dr bahasa Arab. Ikatan kepala awalnya utk pengikat unta di kakinya, disebut 'iqool karena sifatnya mengikat. 'Aql dan nuha ternyata punya makna kemampuan utk menahan, artinya ilmu yg dimiliki harus punya kemampuan menahan diri kita: mendelay sesaat atau menghentikan sama sekali. Jika dengan ilmu malah menjadi melampaui batas maka bukan itu yg Allah inginkan. Kata ya'qilun Allah menginginkan agar ilmu punya kemampuan utk menghentikan kita.
Ada orang2 yg cerdas bawaan lahir dan berkarya dengan kecerdasannya, diantaranya 'Amr bin 'Ash ra. Nabi saw memuji beliau luar biasa. 3 org cerdas lainnya di kalangan Arab pada zaman itu: Muawiyah, Mughiroh (sahabat), Ziyad (tabi'in) tapi sangat sulit kita temukan biografinya. Umar bin Khattab bilang Amr bin Ash tidak cocok jadi rakyat, cocoknya jadi pemimpin dimanapun dia berada. 'Amr bin ash punya kemampuan diplomasi, oleh karenanya pernah diutus utk menjemput muslimin yg hijrah ke Habasyah.

Ada buku yg tidak boleh beredar 75 tahun lamanya, judulnya Militan Islam (Al Islam atthauli) penulisnya Jason. Karena begitu dibaca maka orang akan kembali ke Qur'an, akan mencintai bahasanya Qur'an. Ketika masa Turki Usmani, Inggris dan Perancis meneliti dari Samudra Atlantik sampai Samudra Hindia hanya utk mengetahui kenapa orang2 muslim kuat, cerdas. Ternyata kuncinya adalah pendidikan kuttab. Hubungan antara bahasa dan kecerdasan: hari ini anak2 barat usia 3 thn sudah belajar 16 rb kata, anak2 Arab 3 rb kata, kaum muslimin punya kekuatan di Qur'an dan Arab. Qur'an punya 77.500 kata, belum bahasa Arab sehingga inilah menjadi kekuatan muslimin. Oleh karenanya utk melemahkannya dijauhkan muslimin dari Qur'an dan bahasanya. Inggris membuat level pendidikan kelas bawah yaitu sekolah agama seperti kuttab itu diimage-kan utk orang2 yg bodoh, kelas menengah utk ekonomi menengah, level paling tinggi yaitu international school. Itulah diantara efek jajahan Eropa yg masih melekat di negara kita. Masjid adalah tempat orang2 cerdas jika fungsinya dikembalikan seperti zaman nabi saw. Maka itu zaman sekarang masjid banyak dicurigai karena memang tempat berkembangnya ilmu pengetahuan dan berkumpulnya orang2 cerdas.
Setiap ilmu punya karakter dan itu yg membentuk dirinya. Apa yg diberikan alurnya oleh syariat kita itulah yg diikuti. Keturunan punya jejak yg dalam utk kecerdasan, pemahaman. Tidak bisa diubah dan diprotes. Tapi Allah maha Adil, keturunan bukan segala2nya, muslimin diberi tuntunan syariat utk menjalani hidup dengan cerdas. Penjelasan Ustad Budi Azhari
Kalimat sahabat yg dicantumkan oleh Imam Ibnu Jauziy. Ketika Abu Darda menyampaikan tentang tanda2 orang yg berakal, berkata ia: org yg berakal itu dia tawadhu di hadapan orang yg ada di atasnya (baik ilmu, pengalaman, dll), tidak meremehkan yg ada di bawahnya (yg lebih kecil, yg lebih muda, sedikit ilmunya), dia selalu memegang keutamaan dalam pembicaraannya (ngobrol santai pun ada keutamaan yg bs diambil, bahkan bercanda), dia berinteraksi dengan manusia dengan akhlak yg baik (jika bicara dgn akhlak, diam pun dgn akhlak), dan dia memastikan ada iman antara dia dan Rabbnya, dia berjalan di bumi ini dgn ketakwaannya tapi tersembunyi. Hari ini bertolak belakang, kita tidak punya sesuatu yg disembunyikan, padahal itu adalah ajaran nabi saw.
Kalimat Luqman, sdh sampai level al hakim, pemberi hikmah. Hikmah itu lebih tinggi levelnya dari ilmu. Ilmu itu hanya pemberian Allah yang sedikit, tapi jika punya hikmah sungguh telah diberikan kebaikan yg banyak.
Semoga bermanfaat.


Tagged
Pesan Damai
Tuliskan komentar dengan narasi cinta

Seseorang yang luar biasa itu sederhana dalam ucapannya, tetapi hebat dalam tindakannya dan Cintai dirimu sendiri terlebih dahulu, pada akhirnya kamu akan menghabiskan hidupmu dengan dirimu sendiri

0 komentar

silahkan berikan masukan atau kritik yang positif